Rabu, 03 November 2010


Hot News

Yamaha Kick Off Peluncuran Byson Mulai Akhir



Setelah dua pekan membuka layanan pesanan atau indent motor sport terbaru, Yamaha Byson, secara terbatas dengan caraonline, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (PT YMKI) dikabarkan melakukan kick off peluncuran dan pemesanan di seluruhdealer. Banderol harga ditetapkan di kisaran Rp 19 – Rp 20 juta.

“Sejak awal dua pekan lalu hingga Senin (16/8), kami memang membuka pemesanan secara online. Pemesanan ini sekaligus bertujuan untuk mendeteksi respon pasar. Karena di blog sambutan dan pembicaraan motor ini cukup intensif,” papar Paulus S Firmanto, Deputi General Manager Promotion and Motorsport PT YMKI, kepadaTempo di Jakarta, Senin (16/8).

Menurut pria ramah ini, dari 200 unit motor yang disediakan pesanan yang masuk mencapai sekitar tiga kali lipat. “Oleh karena itu, mulai hari ini kami melakukan seleksi untuk menentukan pemesan yang memenuhi syarat dan bisa mendapatkan motor tersebut,” ujar Paulus tanpa bersedia menyebut rincian angka pemesan.

Rencananya PT YMKI meluncurkan Byson setelah lebaran. Namun, seperti disebut sumber di Agen Tunggal Pemegang Merek Yamaha itu, peluncuran itu dilakukan secara mundur dan kick off atau hitungan mundur dimulai akhir pekan ini.Iheal kabar itu Paulus tak menampik maupun mengamini. “Kick off memang akan dilakukan secepatnya. Tapi kapan waktunya saya belum tahu,” elak dia.

Namun, sumber lain di PT YMKI membisikkan peluncuran pemesanan dilakukan Jumat (20/8) mendatang. “Nanti sekalian buka bersama antara manajemen PT YMKI dengan kalangan media,” kata sumber itu.

Ihwal harga, Paulus mengaku belum mendapatkan informasi final. Namun dia tak menampik saat disebut banderol harga motor bergaya street fighter itu berada dibawah Yamaha V-Ixion.

“Tidak terpaut jauh dengan V-Ixion, tetapi lebih murah. Kapasitas mesinnya memang lebih besar dibanding V-Ixion. Namun sistem pengabutan bahan bakar Byson belum menggunakan teknologi injeksi seperti suadaranya itu,” terang sumber tersebut.

Kapasitas mesin Byson 153 cc atau lebih besar ketimbang Yamaha V-Ixion yang hanya 149,8 cc. Sistem pengabutan bahan bakar masih menggunakan karburator. Sementara, V-Ixion sudah menggunakan perangkat injeksi. “Kisaran harga Rp 19 – Rp 20 juta,” imbuh dia.

Saat ini harga V-Ixion di Jakarta dan sekitarnya Rp 20,5 juta on the road untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Lantas, bagaimana bila kehadiran Byson itu menggerogoti pangsa pasar milik suadaranya itu?

“Kami tidak khawatir, karena segmennya juga berbeda , meskipun basis mesinnya sama,” aku Paulus.

TEMPO InteraktifJakarta, Senin, 16 Agustus 2010 | 13:22 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar