Rabu, 03 November 2010

Dari Luar Kota pun Datang



10:46, 23/03/2010
Dari Luar Kota pun Datang
Modifikasi di Mac Matic Shop
MEDAN-Sepeda motor, menjadi pilihan alat transportasi penting di kota besar yang macet. Agar mesinnya tetap awet dan tahan lama, sangat dibutuhkan perawatan rutin. Tampilan motor yang modis, juga membuat berkendara kian pede.
Selain perawatan mesin yang tentu saja muaranya ke bengkel, penampilan juga penting seperti modifikasi agar tampak keren. Untuk urusan bengkel dan modifikasi sepeda motor, Mac Matic Shop di Jalan Dr Mansyur No. 2 A dapat menjawabnya. Tetapi, bengkel yang dibuka sejak Mei 2007 lebih fokus pada modifikasi sepeda motor bertipe matic.
“Saya belajar modifikasi secara otodidak sejak saya masih sekolah dulu. Di sini khusus modifikasi matic, tapi bukan berarti tidak bisa memodifikasi jenis sepeda motor lainnya,” ujar Rahmad, pemilik bengkel tersebut.
Ia biasa menggarap modifikasi jenis low rider yakni mengubah matic biasa menjadi matic yang berbody lebih panjang, ekstrem yakni mengubah matic menyerupai moge (motor gede).
Ia juga dapat menawarkan modifikasi lainnya seperti jenis custom atau modifikasi yang lazim dipakai harian. “Jenis ini lebih banyak bermain di air brushnya dan perubahan di beberapa bagian body maticnya saja,” terang pria alumni SMU UISU tersebut.
Waktu penyelesaian tergantung keinginan pemilik kendaraan dan tingkat kesulitannya. “Tergantung jenis modifnya, tapi untuk modif yang biasa-biasa saja minimal satu bulan. Kalau yang lebih ekstrem bisa memakan waktu minimal tiga bulan dan maksimalnya satu tahun,” ungkapnya.
Rahmad bilang, modifikasi matic jenis low rider dikenakan harga Rp5 juta sampai Rp25 juta yang diselesaikan minimal tiga bulan sampai satu tahun. Untuk type ekstrem harganya antara Rp8 sampai Rp20 juta yang dikerjakan minimal lima bulan dan maksimalnya satu tahun. Sementara untuk type modifikasi biasa yakni custom, biayanya Rp2 juta sampai Rp5 juta. Karena, untuk type ini tidak terlalu rumit pengerjaannya.
Biasanya, bengkel itu buka pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 20.00 WIB.  Dari usaha itu, ia mampu meraih omset Rp5 juta per bulannya. ”Makanya untuk biaya modifikasinya pun harus disesuaikan dengan harga bahan bakunya. Dari situ kalau dihitung-hitung perbulannya, bisa dapatlah sekitar Rp5 juta,” terangnya lagi.
Bengkel tersebut kian terkenal. Buktinya, bengkel tersebut banyak memiliki pelanggan yang berasal dari luar kota seperti Tanjung Balai, Rantauprapat, Aceh dan daerah lainnya. “Januari yang lalu, saya mengerjakan permintaan modifikasi dari salah seorang anak bupati dari Langsa. Pengerjaannya selama dua bulan dan biayanya sebesar Rp8 juta,” katanya. (mag-13)
[ketgambar]MODIFIKASI: Rahmad sedang memodifikasi motor matic di bengkelnya, Mac Matic Shop di Jalan Dr Mansyur No 2 A Medan, kemarin (22/3). Bengkel ini mendapat pemesan modifikasi dari luar kota.//Ramadhona/Sumut Pos [/ketgambar]

Comments (1)

  1. stomo p
    kk…..
    aku mu nambahi cc kreta aku lah (mio) smpe 300 cc
    tpi bisa dipake shari ari kk…..
    pistonya dah naik 50 mm noken AS aku bubut tmbah bsar gitulah gatau naik brapa….tapi masi ja ga puas kretanya masih loyo kk….. klo gitu apanya ja yang di ganti tar….. KK
    klo masalah Aksesoris bore up…. lakap kan kk…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar