Minggu, 07 November 2010

 

Artikel

Kategori : Semua
Presentasi Mikrotik di PekanBaru - Riau
Presentasi ini merupakan presentasi mengenai Mikrotik dan fitur-fiturnya yang sangat lengkap yang sangat membantu untuk mengembangkan bisnis Anda di dunia Jaringan dan Internet.
Load Balance menggunakan Metode PCC
Load Balance adalah salah satu pengembangan dari fungsi routing dan juga sedikit campur tangan dari firewall yang ada di Mikrotik. Pada Artikel ini kami berikan contoh kasus dan juga contoh seting beserta sedikit penjelasan mengenai implementasi Load Balance menggunakan metode PCC yang hanya bisa dilakukan di versi 3.xx dan 4.xx. 
Selayang Pandang RB800 Wireless Router
Tahun 2009 adalah tahun yang special untuk user Mikrotik, selain munculnya seri Routerboard baru yang terkenal compact dan murah Routerboard seri 700 maka di tahun yang sama Mikrotik juga meluncurkan produk High-end Wireless Router yaitu Routerboard seri 800.  
Video Review RB750
Video Review RB750
MUM 2009 USA: Wireless MIMO
Mikrotik User Meeting USA 2009 kali ini digelar di Dallas/FortWorth dan dihadiri sekitar 250 peserta. Sesuai dengan tujuannya, para pengguna Mikrotik saling membagi pengalamannya dalam menggunakan Mikrotik, membuka wawasan mengenai fitur-fitur yang selama ini mungkin dirasakan sulit untuk dilakukan.
MUM 2009 USA: Selamat Datang RB750
Seperti halnya MUM lainnya, pada sore hari sebelum MUM dilangsungkan, diadakan welcome party dan pendaftaran peserta. Yang menarik pada MUM kali ini adalah setiap peserta yang hadir pada MUM, mendapatkan router RB750!
Mendalami HTB pada QoS RouterOS Mikrotik
Implementasi QoS di Mikrotik banyak bergantung pada sistem HTB (Hierarchical Token Bucket). HTB memungkinkan kita membuat queue menjadi lebih terstruktur, dengan melakukan pengelompokan-pengelompokan bertingkat. Yang banyak tidak disadari adalah, jika kita tidak mengimplementasikan HTB pada Queue ternyata ada beberapa parameter yang tidak bekerja seperti yang kita inginkan.
Presentasi Mikrotik di Indonesia Game Show 2008
Berikut ini adalah materi yang dibawakan pada seminar Mikrotik di Indonesia Game Show 2008.
MoGash, Uang Masa Depan
Cara ini memudahkan siapa saja yang memerlukan lisensi Mikrotik untuk memperbarui lisensi router yang mereka gunakan ketika terjadi kondisi darurat pada tengah malam yang mengharuskan koneksi tetap terkendali sebagai bentuk layanan terhadap pelanggan lain.
Men-Generate Lisensi secara Online di Mikrotik.co.id
Dengan gembira kami menginformasikan bahwa saat ini proses pembuatan lisensi Mikrotik RouterOS sudah dapat dilakukan secara online di mikrotik.co.id. Fitur ini tentu akan mempermudah Anda yang membutuhkan lisensi Mikrotik. Anda tidak perlu lagi menunggu proses manual.
Video Tutorial Instalasi Mikrotik dengan Netinstall
Berikut ini adalah video cara melakukan instalasi Mikrotik dengan menggunakan Netinstall.
Simple Queue, Memisah Bandwidth Lokal dan Internasional
Artikel ini membahas cara memisahkan bandwidth management (dengan simple queue) untuk trafik internasional dan lokal. Andapun tetap dapat menggunakan transparan web-proxy internal.
Variasi Pengembangan Komputer Mobil
Pada mobil Honda CRV 2005 ini, dipasang perangkat tambahan sistem jaringan Wifi 2,4 GHz, menggunakan Routerboard RB112 produksi Mikrotik, yang dilengkapi dua buah interface wireless. Satu terhubung dengan antena WiFi di atap, dan satu lagi menggunakan antena internal.
BGP-Peer, Memisahkan Routing dan Bandwidth Management
Dalam artikel ini, akan dibahas cara untuk melakukan BGP-Peer ke BGP Router Mikrotik Indonesia untuk melakukan pemisahan gateway untuk koneksi internet internasional dan OpenIXP (NICE). Setelah pemisahan koneksi ini dilakukan, selanjutnya akan dibuat queue untuk tiap klien, yang bisa membatasi penggunaan untuk bandwidth internasional dan OpenIXP (NICE).
Queue dengan SRC-NAT dan WEB-PROXY
Pada penggunaan queue (bandwidth limiter), penentuan CHAIN pada MENGLE sangat menentukan jalannya sebuah rule. Jika kita memasang SRC-NAT dan WEB-PROXY pada mesin yang sama, sering kali agak sulit untuk membuat rule QUEUE yang sempurna.
Load Test Routerboard 153
Menjawab keluhan terbatasnya jumlah interface pada RB112, Mikrotik meluncurkan board tipe 100 yang dinamai Routerboard 153. Dengan harga yang masih terjangkau, RB153 hadir dengan 5 buah interface ethernet, dan juga 3 buah interface minipci.
Perubahan Sistem Lisensi Mikrotik RouterOS
Mulai bulan Agustus 2006, Mikrotik melakukan pengubahan pada sistem perpanjangan lisensi, yang meliputi perubahan sistem masa berlaku free upgrade untuk routerOS.
Perbandingan Beberapa Wireless MiniPCI
Di pasaran mudah kita temui berbagai wireless minipci card. Mulai dari yang berdaya kecil, hingga yang cukup besar. Manakah yang memiliki performa baik jika digunakan dengan Mikrotik? Simak hasil test kami.
Oleh-oleh dari MUM Praha (1)
Bulan Januari 2006, saya merasa sangat beruntung, berkesempatan mengikuti acara Mikrotik User Meeting (MUM) yang diadakan di Praha, Republik Ceko. Artikel ini adalah tulisan ringan yang merupakan kesan-kesan saya saat mengikuti acara tersebut.
Setting Mikrotik Wireless Bridge
Sering kali, kita ingin menggunakan Mikrotik Wireless untuk solusi point to point dengan mode jaringan bridge (bukan routing). Namun, Mikrotik RouterOS sendiri didesain bekerja dengan sangat baik pada mode routing. Kita perlu melakukan beberapa hal supaya link wireless kita bisa bekerja untuk mode bridge.
Penggunaan IPSec untuk Abacus
Setting Mikrotik untuk user Abacus
Unjuk Gigi Router Rakitan
Kebolehan sistem operasi Mikrotik ini banyak terlihat pada acara Mikrotik User Meeting yang diselenggarakan tanggal 19-20 Januari lalu di Praha, Ceko. Sebanyak 175 peserta dari berbagai belahan dunia ikut hadir.
Sistem Level Lisensi Mikrotik (BARU)
Mikrotik menerapkan sistem level lisensi yang baru. Dengan adanya sistem level lisensi yang baru ini, diharapkan pengguna lebih diuntungkan, karena harganya yang lebih murah dan jangka waktu free upgrade yang lebih lama (sekarang menjadi 3 tahun untuk level 5 dan 6).
Wireless LAN FAQ
Berikut ini adalah daftar pertanyaan dan jawaban yang banyak ditanyakan mengenai sistem wireless Mikrotik.
Upaya Penanganan Bencana Tsunami dan Gempa di Aceh
Hari Kamis yang lalu, Valens Riyadi, partner dari Indonesia dan reseller produk Mikrotik, mengikuti tim pendukung upaya penanganan bencana tsunami dan gempa bumi di Banda Aceh, Indonesia, dalam rangka mengembangkan sistem internet dalam keadaan darurat.
Berbagai Level Router OS dan Kemampuannya
Mikrotik RouterOS hadir dalam berbagai level. Tiap level memiliki kemampuannya masing-masing, mulai dari level 3, hingga level 6. Secara singkat, level 3 digunakan untuk router berinterface ethernet, level 4 untuk wireless client, level 5 untuk wireless AP, dan level 6 tidak mempunyai limitasi apapun.
Wawancara dengan CTO Mikrotik Arnis Riekstins
Untuk negara berkembang, solusi Mikrotik sangat membantu ISP atau perusahaan-perusahaan kecil yang ingin bergabung dengan Internet. Walaupun sudah banyak tersedia perangkat router mini sejenis NAT, dalam beberapa kondisi penggunaan komputer dan software Mikrotik merupakan solusi terbaik.
Membuat Jaringan
Perangkat PC router ini kemudian diisi dengan sebuah perangkat lunak router buatan Mikrotik (www.mikrotik.com) dengan membayar lisensi sekitar 45 dollar AS.
Penetrasi Internet Banyak Bergantung ISP Illegal
Komputer personal yang dilengkapi beberapa kartu jaringan (network card) sudah dapat difungsikan menjadi router dan pengatur kecepatan koneksi pelanggan (bandwidth management). Atau kalau mau lebih mudah, dengan perangkat lunak Mikrotik (http://www.mikrotik.com) seharga 45 dollar AS, kita sudah bisa mendapatkan aplikasi router yang cukup lengkap.
Bantuan Teknologi
Berbagai perusahaan lain pun segera membantu. Acer Indonesia, Asus, Dell Indonesia, Sony Ericsson, Corsair, Micro Star International, Intel Indonesia, Allied Telesyn, Ericsson, MikroTik, JetCom.Net, CSM, PSN, dan berbagai perusahaan lain turun tangan menyumbangkan tenaga, pikiran, dan peralatan untuk menghubungkan Aceh dengan dunia luar.
Autentikasi di Internet
Kedua, tenaga "grade menengah" dapat menjalankan peranti Mikrotik yang harus dibeli dengan nilai sekitar Rp 300.000 sampai Rp 1 juta, dan dapat mewujudkan pemantauan dan pembatasan kewenangan pelanggan internet.
Fitur RouterOS
MikroTik RouterOS™ V2.8 has HotSpot Solution enabling user authentication and accounting in public or private, wired or wireless networks. Typical applications include wireless access in airports, hotels and other public places, as well as authenticated access to network resources in universities and schools.

Search results cara menggunakan mikrotik di windows on any site:

Cara Menggunakan VMWARE Untuk Instalasi Mikrotik « agusputra.com

Cara Menggunakan VMWARE Untuk Instalasi Mikrotik ... cache internalnya mikrotik (untuk versin 2.9) Mempercepat Windows XP Dengan Cara ... operasi yang ingin di ...
http://agusputra.com/cara-menggunakan-vmware-untuk-instalasi-mikrotik/

Pecelpontianak

... Mikrotik yang dapat didownload dari situsnya www.mikrotik.co.id. Cara membuat router menggunakan mikrotik ... Cara Menampilkan kembali Folder Options yang hilang di Windows xp
http://pecelpontianak.blogspot.com/

Gombhenk’s Blog

Optimasi Point Blank di Mikrotik ... Menggunakan Layanan Short URL Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan ... Di Windows XP, berbagi file atau folder dapat ...
http://gombhenk.wordpress.com/

Cara Baru Menginstall Windows XP Di EEEPC dan Dell Mini ...

Mikrotik; Windows; Software. Animasi; Antivirus; Messenger ... Kali ini saya akan bahas bagaimana cara menggunakan ... booting, akan muncul pilihan menu seperti di bawah ini. Windows ...
http://guntingbatukertas.com/sistem-operasi/windows/install-windowsxp-di-eepc-dengan-usb-flashdisk/

Ilmu Andi Rendy ::..

Virus ini agak unik, menggunakan debugger file conime windows sebagai ... Cara Install Userman di Mikrotik ... Paket yang tersedia di Mikrotik. advanced ...
http://rendymutola.blogspot.com/

coretan rhagonx…

Coretan ini cuman ngasi tau cara me-manage client pake mikrotik menggunakan WINBOX … setelah melakukan settingan awal mikrotik di ... the command above is to run in Windows Xp
http://sandwraith.wordpress.com/

Tips Cara Install Windows di dalam Ubuntu · blog.becouz.net

Saat akan menggunakan Windows yang ada di VirtualBox akan muncul ... 5 Responses to “Tips Cara Install Windows di dalam Ubuntu” ... setting hotspot, setting hotspot mikrotik, lupa ...
http://blog.becouz.net/cara-install-windows-di-dalam-ubuntu.html

Router Mikrotik: Panduan Setting Dial Up Speedy ...

Berikut ini akan kita bahas cara dial-up dengan menggunakan baris perintah di terminal. ... saking katroknya OS mikrotik ta instal di windows xp dan berakhir manis dgn ...
http://guntingbatukertas.com/sistem-operasi/mikrotik/panduan-setting-dial-up-speedy-dengan-router-mikrotik/comment-page-1/

NitrouZ Daily Blog - Another Resurrected Blog

RB OS Mikrotik yg di coba : RB450G, RB750G sebenarnya ada bbrp cara mudah ... BNet Dota menggunakan mikrotik sudah bisa di dapat ... Mikrotik Bandwidth Tester for Windows; DynDNS Mikrotik ...
http://xtremenitro.org/

Limit Bandwidth di Mikrotik 2.9.2 7 : IlmuKomputer.Com

... ini, saya menggunakan Mikrotik 2.9.27. InsyaAllah juga bisa dilakukan di mikrotik versi yang lain. Sebenarnya ada beberapa cara ... dengan menggunakan Sistem Operasi (SO) Windows XP ...
http://ilmukomputer.org/2008/05/28/limit-bandwidth-di-mikrotik-292-7/
Cara Mengaktifkan Account Administrator di Windows 7 | ... Bandwidth Manager Dengan PCQ Di MikrotikCara Menggunakan Proxy ... Cari kata ...
realish.net
terminal server di windows XP « things left unsaid. Ehh ada yang tahu caramenggunakan flasdisk di client RDP winconnect gak, kayaknya ga ada yang peduli tuh… ... Install Setting Web Proxy Mikrotik untuk Warnet [. ...
realish.net
membuat webmail dgn windows server 2008; cara menggunakan DyNdns; bikin dedicated server ... cara pasang proxy di warnet, setting mikrotik untuk warnet, ...
realish.net
Cara membuat dan menggunakan pengandar terpasang NTFS di Windows ... ... cara membuat pengandar ... Install Setting Web Proxy Mikrotik untuk Warnet [. ...
realish.net
Port filtering mikrotik 2.9.6; Partisi Harddisk di Windows Vista; Squid.conf ....membangun jaringan warnet berbasis mikrotik · cara menggunakan webcam via ...
realish.net
Setting Squid Sebagai Transparent Proxy Di Windows XP ... cara ... open dns warnet ... cara download menggunakan open proxy; forum mikrotik daftar proxy . ...
realish.net
Sekiranya di Windows, saya menggunakan Internet Download Manager untuk mendownload . ... Berikut ini cara menginstall dan menggunakan Minitube diUbuntu Linux: Selengkapnya… ... mikrotik itu fungsinya apa di komputer untuk warnet ...
realish.net
cara setting transparan proxy menggunakan mikrotik; memindahkan cache squid xp; membuat transparent proxy di windowscara instal program proxy; ...
realish.net
1
2
3
4
5
6
7
8
Dengan menggunakan komputer yang cukup minim spesifikasinya, misal Pentium I , hard disk 1-2 GB, memory 64 MB, tanpa mouse, keyboard ataupun monitor, kalau Mikrotik sudah jalan, kita hanya butuh mose, keyboard dan monitor sewaktu instalasi saja. jadi kita sudah bisa membuat router dengan dana minim, daripada kita membeli peralatan router yang bisa jutaan rupiah mahalnya. Mari kita mulai melakukan instalasi, sebelumnya anda harus memiliki file Mikrotik yang dapat didownload dari situsnya www.mikrotik.co.id. Cara membuat router menggunakan mikrotik adalah sebagai berikut :
Sebelum melakukan instalasi pastikan komputer yang akan diinstall Mikrotik OS mempunyai 2 Lan Card, untuk spesifikasi hardware yang akan digunakan, anda bisa melihat rujukannya di http://mikrotik.com

– * booting dari CD ROM

Pilih paket-paket yang akan dipilih, untuk kebutuhan Router+Proxy+Bandwidth Management, sebaiknya anda pilih :

– System

– DHCP

– Advanced Tols

– Routing

– Routing Test

– Security

– Synchronous

– Web Proxy

– Web Proxy Test


Setelah memilih paket-paket yang dibutuhkan tekan tombol “ i “ untuk mulai instalasi.


- Akan muncul tulisan “Do you want to keep...............”, pilih n (no)

- Kemudian “Continue.....” , pilih y (yes)

Mulailah membuat partisi dan memformat hard disk, setelah instalasi paket-paket yang tadi dipilih.

Setelah selesai, Mikrotik minta di reboot dengan menekan enter.

Setelah booting, muncul perintah untuk melakukan pengecekan hard disk, anda bisa pilih yes atau no, pilih no juga tidak mengapa jika anda yakin hard disk bebas dari bad sector.


Anda diminta untuk login, ketikkan admin pada :

Mikrotik Login: admin

untuk mengisikan password tekan enter saja, karena password masih kosong pada instalasi baru


– Dou you want to see...................., pilih no, untuk mempercepat proses, akan muncul konsole Mikrotik, yaitu :


[admin@Mikrotik] >

Untuk merubah nama mesin Mikrotik ini, ketik :

[admin@Mikrotik] > system identity set name=mywifi

Lalu konsole berubah menjadi :

[admin@mywifi] >

Merubah password mesin Mikrotik, ketikkan password =

[admin@mywifi] > password

old password (ketikkan kosong, jika sebelumnya anda belum mengeset password

new password : ............................(ketikkan password yg baru)

retype new password :................ (masukkan sekali lagi passwordnya)

Untuk mematikan Mikrotik cukup kita ketikkan sbb

[admin@mywifi] > system shutdown

[admin@mywifi] > system reboot (untuk merestart nya)

[admin@mywifi] > system reset (untuk mereset konfigurasi yang sudah kita buat sebelumnya)

Perintah-perintah diatas harus dilakukan pada direktori admin.


Setelah itu anda perlu mengaktifkan kedua LAN Card yang terpasang, dengan contoh perintah di bawah ini :

[admin@mywifi] > interface ethernet enable ether1

[admin@mywifi] > interface ethernet enable ether2

Jika muncul tanda kesalahan, ada dua alasan:

pertama : Ada kemungkinan LAN Card yang terpasang, rusak

kedua : Driver dari LAN Card belum disupport oleh Mikrotik

Untuk Melihat kedua LAN Card yang terpasang(apakah sudah komplit dua), ketikkan .............

[admin@mywifi] > ip address

[admin@mywifi] ip address > interface print (atau perintah tersebut bisa disingkat menjadi " in pr " )

Lalu tampillah kedua LAN Card, perhatikan konsole diatas menandakan kita sudah berada pada direktori ip address


Berdasar tampilan monitor Mikrotik LAN Card pertama bernama "ether1" dimana ether1 ini nantinya terkoneksi ke IP Public/Internet sedang LAN Card kedua bernama "ether2" ini terkoneksi ke IP Local/LAN Lokal, kemudian kita memberi ip address pada masing-masing LAN Card, dengan perintah/command sebagai berikut :

[admin@mywifi] > ip address

[admin@mywifi] ip address > add interface=ether1 address=172.16.0.254/24

[admin@mywifi] ip address > add interface=ether2 address=192.168.1.254/24

Untuk mengetahui hasilnya ketikkan:
[admin@mywifi] ip address > print

Lihat hasilnya pada gambar diatas. untuk naik ke direktori yang lebih tinggi ketikkan titik dua " .. " , atau " / " ke direktori admin, yang merupakan direktori tertinggi.

Lalu kita mengisi ip address gateway dari LAN Card yang pertama, yakni dimana kita mendapat akses internet

[admin@mywifi] > ip route add gateway=192.168.1.1

Selanjutnya kita mengisi ip address DNS, isikan sesuai rekomendasi dari ISP anda, misalnya :

[admin@mywifi] > ip dns set primary-dns=202.134.1.7

admin@mywifi] > ip dns set secondary-dns=202.134.0.155


Agar semua komputer client dalam LAN bisa lebih cepat browsing internet dengan cukup mengambil cache DNS pada router Mikrotik, jadi komputer client tidak berlu jauh-jauh meresolve DNS pada Server DNS ISP, maka Router Mikrotik perlu diset agar bisa melakukan penyimpanan cache DNS

[admin@mywifi] > ip dns set allow-remote-request=yes

Tapi semua komputer client, pada setting IP Address nya diisi kolom DNS primary, dengan IP Address nya Router Mikrotik, untuk secondary DNS nya biarkan saja kosong. Perhatikan pula gambar diatas apabila kita salah dalam mengetikkan perintah, maka akan muncul peringatan

"no such argument".


Selanjutnya kita mengeset agar mesin Mikrotik kita bisa menjadi router

[admin@mywifi] > ip firewall nat

[admin@mywifi] ip firewall nat> add chain=srcnat arc-address=192.168.1.0/24 out-interface=ether1 action=masquerade

Kita lihat hasilnya

[admin@mywifi] ip firewall nat> print

Lihat hasilnya pada monitor anda. untuk naik ke direktori yang lebih tinggi ketikkan titik dua " .. " , atau " / " ke direktori admin, yang merupakan direktori tertinggi.

Lalu kita mengisi ip address gateway dari LAN Card yang pertama, yakni dimana kita mendapat akses internet

[admin@mywifi] > ip route add gateway=192.168.1.1

Selanjutnya kita mengisi ip address DNS, isikan sesuai rekomendasi dari ISP anda,

[admin@mywifi] > ip dns set primary-dns=202.134.1.7

[admin@mywifi] > ip dns set secondary-dns=202.134.0.155

Agar semua komputer client dalam LAN bisa lebih cepat browsing internet dengan cukup mengambil cache DNS pada router Mikrotik, jadi komputer client tidak berlu jauh-jauh meresolve DNS pada Server DNS ISP, maka Router Mikrotik perlu diset agar bisa melakukan penyimpanan cache DNS

[admin@mywifi] > ip dns set allow-remote-request=yes

Tapi semua komputer client, pada setting IP Address nya diisi kolom DNS primary, dengan IP Address nya Router Mikrotik, untuk secondary DNS nya biarkan saja kosong. Perhatikan pula gambar diatas apabila kita salah dalam mengetikkan perintah, maka akan muncul peringatan

"no such argument".

Selanjutnya kita mengeset agar mesin Mikrotik kita bisa menjadi router

[admin@mywifi] > ip firewall nat

[admin@mywifi] ip firewall nat> add chain=srcnat arc-address=192.168.1.0/24 out-interface=ether1 action=masquerade

Kita lihat hasilnya

[admin@mywifi] ip firewall nat> print


Nah pada tahap awal ini kita sudah bisa membuat Router Mikrotik, guna mengetahui hasilnya kita melakukan test ping( untuk perintah "ping" ini harus dilakukan pada direktori tertinggi yakni di direktori "admin") ke komputer client dari router Mikrotik kita, ketika muncul dalam proses ping tersebut ada kata-kata "ping time out" atau "host unreachable" maka kita tidak berhasil untuk koneksi, coba teliti kembali pada setting Mikrotik atau teliti pula konfigurasi ip address pada komputer client, kemudian coba pula ping ke alamat internet dari komputer client atau browsing dari komputer client, jika berhasil maka berhasil pula tugas kita membuat Router Mikrotik.

13 comments

  1. Anonim // 8 November 2009 10.30
    thanks, ini yang sedang saya cari
  2. Trenggalek Kreatif // 25 Januari 2010 02.55
    akhirnya ketemu jugaaa
  3. Anonim // 10 Maret 2010 23.46
    haduh ... lagi cari2 nie ... trims ya ..
  4. Anonim // 31 Maret 2010 06.51
    maksih gan......
  5. Joe // 5 April 2010 23.17
    Makasih bgt bro... Sangat membantu saya nich , saya mw coba dl... thx berat...
  6. Taufiksoft // 7 April 2010 23.43
    sip
  7. Anonim // 21 April 2010 23.08
    Saya coba deh..mudah-mudahan ampuh nih
    Makasih banyak Gan
  8. Anonim // 28 April 2010 03.26
    banyak berbagi ilmu mudah2 an banyak juga rezeki nya......trims bos
  9. Anonim // 26 Juni 2010 23.15
    nah ini yang saya cari-cari, ...
    saya coba dulu ya, maklum baru ngerti msalah jaringan...
    salam kenal...
  10. jasa pembuatan warnet // 18 Agustus 2010 10.40
    info yang sangat bagus
  11. Anonim // 9 Oktober 2010 04.05
    terima kasih banyak gan,,,ilmu yang sangat bermanfaat yang saya cari2,,,
  12. komputer66 // 16 Oktober 2010 07.17
    thank's atas infonya...
  13. komputer66 // 16 Oktober 2010 07.20
    link sobat sudah dipasang di blog saya silahkan dicek
    thank's

Tidak ada komentar:

Posting Komentar