Jumat, 10 Desember 2010


Sedikit Ilmu Tentang Wireless WAN Dan Bluetooth...

Sedikit Ilmu Tentang Wireless WAN Dan Bluetooth
Wireless wide area network (wireless WAN) menjangkau area yang lebih luas dibandingkan dengan wireless LAN. Jangkauan umumnya mencakup nasional dengan infrastruktur jaringan wireless yang disediakan oleh wireless service carrier (untuk biaya pemakaian bulanan, mirip dengan langganan ponsel).

Jika wireless LAN digunakan supaya user jaringan bisa bergerak dalam area yang kecil, maka wireless WAN digunakan untuk menyediakan koneksi internet bergerak dengan area jangkauan yang lebih luas untuk pelaku perjalanan bisnis atau teknisi lapangan.
Wireless WAN memungkinkan user untuk mengakses internet, e-mail, serta aplikasi serta informasi perusahaan meskipun mereka jauh dari kantor. Wireless WAN menggunakan jaringan selular untuk transmisi data. Contoh sistem selular yang digunakan adalah CDMA, GSM, GPRS, EDGE, 3G, dan HSDPA.

Komputer portabel dengan modem wireless WAN terhubung ke base station pada jaringan wireless ke gelombang radio. Tower radio kemudian membawa sinyal ke mobile switching center, dimana data dilewatkan ke jaringan yang sesuai.

Koneksi ke internet dilakukan dengan menggunakan koneksi service provider. Wireless WAN menggunakan jaringan selular eksisting sehingga bisa melakukan panggilan suara melalui wireless WAN. Baik telepon selualar dan kartu wireless WAN bisa melakukan panggilan suara dan juga melewatkan data pada jaringan wireless WAN.

Bagaimana dengan Bluetooth?

Hm... Bluetooth kadang disebut juga sebagai wireless PAN (Personal Area Network). Bluetooth merupakan komunikasi dua arah jarak pendek, dengan daya yang rendah.

Bluetooth pada dasarnya merupakan teknologi pengganti kabel yang memungkinkan dilakukannya komunikasi data secara wireless dengan jarak maksimum 10 meter (30 kaki). Teknologi Bluetooth digunakan pada perangkat lunak seperti headset untuk ponsel, mouse untuk komputer atau laptop, speaker, dan sebagainya.

Sekian... Wassalam...


Baca Lanjutannya: http://www.belajar-sendiri.com/2009/12/sedikit-ilmu-tentang-wireless-wan-dan.html#ixzz17igMo32g
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar